Kamis, 07 Agustus 2014

Resep Jamu Tradisional untuk Mengatasi Nyeri Haid

Resep Jamu Tradisional untuk Mengatasi Nyeri HaidDalam masa menstruasi, tak jarang seorang wanita akan mengalami nyeri pada bagian perut. Meski nyatanya hal ini sudah biasa dialami oleh wanita, namun tetap rasa nyeri ini akan mengganggu aktifitas mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, tak jarang diantara mereka yang membeli jamu yang belum terjamin kesehatannya. Jika dibiarkan terus menerus, tenttu akan menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh. Nah, karena itulah disini saya hadir untuk memberi resep jamu tradisional yang dapat anda racik sendiri dirumah. Dengan meraciknya sendiri, anda sudah dapat menjamin kesehatan dan keamanannya. Bagaimana cara membuat resep jamu tradisional tersebut? berikut akan saya sampaikan ulasan mengenai resep jamu tradisional untuk mengatasi nyeri saat haid.

Untuk resep yang pertama, bahan yang perlu anda persiapkan adalah segumpal asam kawak sebesar ibu jari, 10 potong temulawak dan gula aren secukupnya. Ada dapat membeli ketiga bahan tersebut dipasar tradisional. Cara membuatnya sangatlah sederhana yakni merebus ketiga bahan tersebut bersama 2 gelas air putih kemudian menunggunya hingga mendidih. Jika sudah mendidih, biarkan sampai air berkurang hingga bersisa 1 gelas saja. kemudian angkat dan dinginkan. Saring ramuan tersebut lalu minumlah setiap pagi hari selama satu minggu menjelang tanggal menstruasi anda.

Kemudian, untuk resep yang berikutnya bahan yang perlu anda persiapkan 5 lembar daun sembung dan 1 genggam biji kedaung. Pertama-tama, sangrai biji kedaung hingga teksturnya menjadi kering dan keras. Jika sudah, haluskan biji tersebut dengan cara menumbuknya hingga teksturnya berubah menjadi halus. Masukkan serbuk biji tersebut bersama daun sembung kedalam 3 gelar air putih. Rebuslah hingga mendidih dan airnya berkurang setengahnya. Jika sudah, dinginkan kemudian saring agar daun dan airnya dapat terpisah. Minum ramuan ini ketika sedang mengalami nyeri haid hingga menyebabkan kram.

Demikianlah 2 resep tradisional yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat anda mengalami datang bulan. Dengan membuat resep sendiri, kini anda dapat lebih hemat dan yang terpenting adalah anda dapat menjamin keamanan jamu yang anda konsumsi. Selamat Mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar