Kamis, 14 Agustus 2014

Dampak Negatif Kebiasaan Begadang

Bagi sebagian orang, tidur larut malam merupakan hal yang sangat biasa mereka lakukan. Entah itu untuk mengerjakan tugas, bermain game, membaca buku atau menonton film. Namun, tahukah anda bahwa kebiasaan begadang dimalam hari dapat memberi dampak yang buruk terhadap otak kita? Apalagi jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Untuk memahami bahaya tersebut, berikut akan saya sampaikan mengenai efek negatif dari kebiasaan begadang.


Berikut 3 dampak Negatif Kebiasaan Begadang :

1. Terkena Penyakit Alzheimer.
Menurut penelitian, saat tidur dimalam hari otak akan bekerja keras untuk menyingkirkan sisa aktifitas syaraf yang menumpuk setelah seharian digunakan untuk beraktifitas. Apabila anda terbiasa begadang, waktu otak untuk menyingkirkan sisa aktifitas syaraf tadi akan terhambat. Tumpukan sisa syaraf yang menumpuk tersebutlah yang kemudian akan menyebabkan penyakit Alzheimer yang akan membuat penderitanya mudah lupa terhadap sesuatu.

2. Kulit Cepat Keriput
Tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan saat kita sedang tidur. Hormon pertumbuhan itulah yang kemudian akan memelihara kesegaran dan elastisitas kulit kita. Namun, jika anda kurang tidur akibat terlalu sering begadang, hormon pertumbuhan yang dikeluarkan oleh tubuh jumlahnya akan sangat sedikit. Karena itulah, mereka yang memiliki kebiasaan begadang akan cenderung lebih cepat terlihat tua. Hal tersebut dikarenakan penampilan kulit yang kusam dan munculnya garis halus menyerupai keriput.

3. Kelebihan Berat Badan.
Saat kita terlalu banyak begadang, hormon Ghrelin akan merangsang timbulnya rasa lapar dan Leptin akan merangsang otak agar nafsu makan kita muncul. Saat itulah, kemudian kita akan banyak memakan makanan saat malam hari yang apabila terlalu banyak akan menyebabkan kelebihan berat badan. Seperti yang kita ketahui, kelebihan berat badan bukanlah hal yang baik untuk tubuh kita. Berat badan yang berlebihan akan membuat anda terancam penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit berbahaya lainnya. Karena itulah, sebisa mungkin anda harus menghilangkan kebiasaan begadang anda demi menjaga kesehatan tubuh. Dengan begitu, anda dapat memiliki tubuh yang segar dan bugar.

Sekian saja Artikel dari saya mengenai Dampak Negatif Kebiasaan Begandang semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua pemirsa Sensasi-Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar