Senin, 04 Agustus 2014

Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman Berenergi

Dampak Negatif Mengkonsumsi Minuman Berenergi - Untuk menjaga stamina tubuh, banyak masyarakat yang mengkonsumsi minuman berenergi. Tak hanya sekali dua kali, namun tak jarang diantara mereka yang rutin mengkonsumsinya setiap hari dengan alasan untuk menjaga kekuatan tubuh agar selalu stabil. Biasanya, mereka yang banyak mengkonsumsi minuman berenergi adalah para pekerja berat. Meski nyatanya minuman ini akan memberikan kekuatan yang lebih, namun tahukah anda jika minuman ini mengandung berbagai zat yang dapat mengganggu kesehatan tubuh? Apalagi jika diminum setiap hari. Apa saja dampak negatif dari mengkonsumsi minuman energi? Berikut akan saya jelaskan rinciannya.

Yang pertama, terjadinya ketergantungan. Seperti yang kita ketahui, setiap minuman berenergi pasti mengandung kafein. Kafein merupakan zat yang dapat membuat seseorang ketagihan jika berlebihan dalam mengkonsumsinya. Batas konsumsi kafein pada remaja adalah 100 mg. Padahal, jika kita amati minuman energi yang beredar dipasaran memiliki kadar kafein hingga 160 mg. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi tubuh. Belum lagi kandungan lain seperti guarana dan gula yang diketahui kedua bahan tersebut dapat meningkatkan efek negatif dari kafein pada minuman berenergi.

Dampak negatif minuman berenergi yang Kedua adalah dapat menimbulkan penyakit insomnia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bruce Ruck, kandungan kafein dalam minuman berenergi sangatlah berbahaya apabila masuk kedalam pencernaan anak-anak dan remaja. Jika anak-anak dan remaja sudah terlanjur kecanduan dengan minuman energi, tubuh mereka akan menjadi kebal terhadap kafein sehingga mereka akan terjangkit insomnia akut, jantung berdebar, mual dan muntah. Parahnya, apabila minuman ini terlalu sering dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, mereka akan mudah mengalami kejang.

Dampak negatif yang Terakhiradalah meningkatnya kadar gula darah. Perlu anda ketahui bahwa dalam satu botol minuman berenergi, terdapat setidaknya 13 sendok makan gula. Jumlah ini tentu tidak baik bagi tubuh karena dapat menimbulkan peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes dan hypoglycemia. Tak hanya itu, gula dalam minuman berenergi juga dapat menyebabkan menurunnya sistem imun, gigi mudah keropos serta pertambahan berat badan.

Demikian ulasan singkat mengenai dampak negatif mengkonsumsi minuman berenergi. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar