Senin, 03 Februari 2014

Tips menjaga kesehatan mata kita

Tips menjaga kesehatan mata yang perlu anda ketahui untuk mendapatkan mata yang sehat. Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Fungsi mata sangat penting untuk menunjang kehidupan dan aktifitas kita, karena alasan tersebut lah menjaga kesehatan mata merupakan suatau keharusan. Banyak faktor yang menyebabkan rusaknya mata atau menurunnya penglihatan mulai dari faktor alami sampai faktor luar.  Berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata:

  1. Memenuhi asupan vitamin A. Kita tau bahwa vitamin A memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata sekaligus mencegahnya dari penyakit mata. Untuk itu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti buah naga, buah pepaya, dan buah anggur dapat menghindarkan anda dari penyakit seperti katarak, dan gangguan penglihatan lainnya. 
Tips menjaga kesehatan mata kita
Gambar: Tips menjaga kesehatan mata kita
  1. Menghindari rokok. Merokok memang sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak efek negatif untuk kesehatan. Selain berefek buruk pada kesehatan paru-paru merokok ternyata juga memilik efek yang negatif pada mata. Dengan anda merokok akan memperbesar resiko katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. 

  2. Memakai pelindung mata. Mata anda sangat sensitif terhadap benda asing atau cahaya, untuk itu pastikan anda menggunakan pelindung mata saat anda melakukan aktifitas yang bisa membahayakan mata anda. 

  3. Perhatikan jarak aman membaca. Membaca terlalu dekat atau terlalu jauh juga memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan mata anda, untuk itu saat membaca anda harus memperhatikan jarak yang aman untuk mata anda. Jarak membaca yang disarankan sekitar 30 cm. 

  4. Atur tingkat keredupan komputer/televisi  anda. Terlalu terang atau terlalu redup saat anda menonton tv atau berada di depan komputer juga berefek buruk untuk kesehatan mata anda. 

  5. Istirahtakan mata anda. Mata membutuhkan waktu istirahat, dan salah satu waktu istirahat yang baik adalah tidur, paling tidak anda harus meninggalkan komputer anda saat mata anda mulai lelah dan mengistirahatkannya sejenak. 

  6. Gantilah lensa mata anda secara teratur. Bagi Anda yang memakai lensa kontak, jangan lupa untuk selalu mengganti atau melepas lensa anda setiap 8 jam sekali. Dan juga jangan lupa untuk selalu menjaga kesterilan lensa kontak anda. 

  7. Hindari membaca dalam cahaya redup. Untuk menjaga kesehatan mata, usahakan untuk menghindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan pada mata anda. Jika mata terasa lelah usahakan berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat. 

  8. Memeriksakan ke dokter mata. Jika anda merasa memiliki keluhan atau masalah dengan mata anda maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter mata. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui masalah pada mata anda sehingga dapat melakukan antisipasi sejak dini. 

  9. Mengkonsumsi vitamin E. Vitamin dan antioksidanyang kuat yang larut dalam lemak ini, dapat membantu dalam pencegahan katarak dan degenerasi makulaterkait usia, degenerasi makula merupakan penyakit mata yang biasanya terjadi akibat proses penuaan. Degenerasi makula biasanya terjadi pada orang di atas usia 65 tahun. 
Menjaga kesehatan mata memang harus dilakukan untuk memastikan agar mata anda tetap sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar